Hubungi   +62-717-422145   ubb.ilmukelautan@gmail.com

Deskripsi Profil Lulusan


Profil Lulusan

Profil lulusan merupakan peran yang diharapkan dapat dilakukan oleh lulusan program studi di masyarakat/dunia kerja. Profil ini adalah outcome pendidikan yang akan dituju. Dengan telah ditetapkan profil lulusan, maka perguruan tinggi dapat memberikan jaminan pada calon mahasiswanya akan bisa berperan menjadi apa saja setelah ia menjalani semua proses pembelajaran di program studinya. Adapun profil lulusan program studi Ilmu Kelautan (PS IKL) Universitas Bangka Belitung yaitu:

  1. Tenaga Ahli/ Konsultan
  2. Wiraswasta/ Pengusaha
  3. Pendidik
  4. Peneliti

Deskripsi Profil Lulusan
Deskripsi profil lulusan PS Ilmu Kelautan UBB adalah sebagai berikut :

Tabel 1. Deskripsi Profil Lulusan PS Ilmu Kelautan UBB

No.

Profil lulusan PS Ilmu Kelautan

Deskripsi profil lulusan

1

Tenaga Ahli/ Konsultan

Sarjana Ilmu Kelautan yang mampu mengidentifikasi serta menganalisa masalah dan/atau potensi sumberdaya di ekosistem pesisir dan pulau-pulau kecil, oseanografi guna pengelolaan lingkungan laut.

2

Wiraswasta/ Pengusaha

Sarjana Ilmu Kelautan yang mampu bertanggung jawab dalam pengelolaan suatu unit usaha berdasarkan analisa informasi dan evaluasi hasil kerja.

3

Calon Pendidik

Sarjana Ilmu Kelautan yang  memahami seluk-beluk ilmu kelautan serta memiliki kemampuan untuk menjadi calon mendidik dan/atau menyebarluaskan ilmu di bidang kelautan.

4

Peneliti

Sarjana Ilmu Kelautan yang mampu merumuskan, menganalisa, dan mengkaji permasalahan di bidang kelautan sehingga dapat diperoleh solusi sebagai dasar pengambilan keputusan yang dapat bekerja di lapangan dan/atau di laboratorium.

Untuk capaian pembelajaran lulusan pada profil lulusan PS Ilmu Kelautan dapat dilihat pada tabel dibawah ini.

Tabel 2. Capaian Pembelajaran Lulusan pada Profil Lulusan PS Ilmu Kelautan

No.

Profil lulusan PS Ilmu Kelautan

CPL

Sikap

Pengetahuan

Keterampilan Umum

Keterampilan Khusus

1

Tenaga Ahli/ Konsultan

  1. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;
  2. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  3. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  4. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  1. Memahami laut berdasarkan konsep dan prinsip ilmu dasar fisika, kimia, biologi, dan geologi serta menggunakan matematika sebagai alat bantu.
  2. Memahami konsep dan prinsip ekosistem pesisir dan pulau-pulau kecil guna perencanaan tata ruang, mitigasi, konservasi dan rehabilitasi sumberdaya, serta pengembangan ekowisata.
  3. Memahami konsep pencemaran yang meliputi sumber,karakteristik bahan pencemar, dan dampak terhadap ekosistem dan biota perairan laut guna penyusunan AMDAL di bidang kelautan.
  4. Memahami prosedural  pelaksanaan selam dan survey eksploratif serta pengaplikasiannya di bidang kelautan
  5. Menguasai konsep aplikasi data/citra satelit  dan pemanfaatan SIG dalam eksplorasi  dan pemetaan sumberdaya hayati laut.
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  4. Mampu bertanggung jawab  atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
  5. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  1. Mampu mengidentifikasi serta menganalisis potensi dan/atau masalah sumberdaya di ekosistem pesisir dan pulau-pulau kecil melalui pengolahan data oseanografi guna merencanakan dan menjalankan pengelolaan sumberdaya lingkungan pesisir dan pulau-pulau kecil.
  2. Mampu memecahkan masalah IPTEK pada bidang kelautan dan menerapkan solusinya sehingga menghasilkan simpulan yang tepat berdasarkan informasi data sumberdaya dan lingkungan laut.
  3. Mampu merumuskan dan menganalisis masalah serta mengkaji data sehingga diperoleh alternatif solusi pada bidang kelautan sehingga dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan/ rekomendasi penyelesaian masalah secara tepat serta mampu merencanakan dan melaksanakan pekerjaan di lapangan dan laboratorium.

2

Wiraswasta/ Pengusaha

  1. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;
  2. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  3. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  4. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  1. Memahami laut berdasarkan konsep dan prinsip ilmu dasar fisika, kimia, biologi, dan geologi serta menggunakan matematika sebagai alat bantu.
  2. Memahami konsep bioteknologi kelautan, rekayasa genetika, kultus jaringan, DNA rekombinan, serta aplikasinya terhadap pemanfaatan sumberdaya lingkungan laut.
  3. Memahami prosedural  pelaksanaan selam dan survey eksploratif serta pengaplikasiannya di bidang kelautan
  1. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
  3. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  4. Mampu bertanggung jawab  atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
  5. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
  1. Mampu mengelola suatu unit usaha dengan rasa tanggung jawab berdasarkan analisis informasi dan evaluasi kerja.
  2. Mampu merumuskan dan menganalisis masalah serta mengkaji data sehingga diperoleh alternatif solusi pada bidang kelautan sehingga dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan/ rekomendasi penyelesaian masalah secara tepat serta mampu merencanakan dan melaksanakan pekerjaan di lapangan dan laboratorium.

 

3

Calon Pendidik

  1. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;
  2. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  3. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  4. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  1. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  2. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  3. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  1. Memahami laut berdasarkan konsep dan prinsip ilmu dasar fisika, kimia, biologi, dan geologi serta menggunakan matematika sebagai alat bantu.
  2. Memahami konsep dan prinsip ekosistem pesisir dan pulau-pulau kecil guna perencanaan tata ruang, mitigasi, konservasi dan rehabilitasi sumberdaya, serta pengembangan ekowisata.
  3. Memahami prosedural pemberian nama, anatomi, dan proses fisiologisnya pada organisme dari tingkat subkelas sampai tingkat spesies laut.
  4. Memahami konsep bioteknologi kelautan, rekayasa genetika, kultus jaringan, DNA rekombinan, serta aplikasinya terhadap pemanfaatan sumberdaya lingkungan laut.
  5. Memahami konsep pencemaran yang meliputi sumber,karakteristik bahan pencemar, dan dampak terhadap ekosistem dan biota perairan laut guna penyusunan AMDAL di bidang kelautan.
  6. Memahami prosedural  pelaksanaan selam dan survey eksploratif serta pengaplikasiannya di bidang kelautan
  7. Menguasai konsep aplikasi data/citra satelit  dan pemanfaatan SIG dalam eksplorasi  dan pemetaan sumberdaya hayati laut.
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
  7. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
  1. Mampu mengidentifikasi serta menganalisis potensi dan/atau masalah sumberdaya di ekosistem pesisir dan pulau-pulau kecil melalui pengolahan data oseanografi guna merencanakan dan menjalankan pengelolaan sumberdaya lingkungan pesisir dan pulau-pulau kecil.
  2. Mampu memecahkan masalah IPTEK pada bidang kelautan dan menerapkan solusinya sehingga menghasilkan simpulan yang tepat berdasarkan informasi data sumberdaya dan lingkungan laut.
  3. Mampu merumuskan dan menganalisis masalah serta mengkaji data sehingga diperoleh alternatif solusi pada bidang kelautan sehingga dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan/ rekomendasi penyelesaian masalah secara tepat serta mampu merencanakan dan melaksanakan pekerjaan di lapangan dan laboratorium.

 

4

Peneliti

  1. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;
  2. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  3. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  4. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  5. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  6. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  1. Memahami laut berdasarkan konsep dan prinsip ilmu dasar fisika, kimia, biologi, dan geologi serta menggunakan matematika sebagai alat bantu.
  2. Memahami konsep dan prinsip ekosistem pesisir dan pulau-pulau kecil guna perencanaan tata ruang, mitigasi, konservasi dan rehabilitasi sumberdaya, serta pengembangan ekowisata.
  3. Memahami prosedural pemberian nama, anatomi, dan proses fisiologisnya pada organisme dari tingkat subkelas sampai tingkat spesies laut.
  4. Memahami konsep bioteknologi kelautan, rekayasa genetika, kultus jaringan, DNA rekombinan, serta aplikasinya terhadap pemanfaatan sumberdaya lingkungan laut.
  5. Memahami konsep pencemaran yang meliputi sumber,karakteristik bahan pencemar, dan dampak terhadap ekosistem dan biota perairan laut guna penyusunan AMDAL di bidang kelautan.
  6. Memahami prosedural  pelaksanaan selam dan survey eksploratif serta pengaplikasiannya di bidang kelautan
  7. Menguasai konsep aplikasi data/citra satelit  dan pemanfaatan SIG dalam eksplorasi  dan pemetaan sumberdaya hayati laut.
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
  4. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  5. Mampu bertanggung jawab  atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
  6. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
  7. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
  1. Mampu mengidentifikasi serta menganalisis potensi dan/atau masalah sumberdaya di ekosistem pesisir dan pulau-pulau kecil melalui pengolahan data oseanografi guna merencanakan dan menjalankan pengelolaan sumberdaya lingkungan pesisir dan pulau-pulau kecil.
  2. Mampu memecahkan masalah IPTEK pada bidang kelautan dan menerapkan solusinya sehingga menghasilkan simpulan yang tepat berdasarkan informasi data sumberdaya dan lingkungan laut.
  3. Mampu merumuskan dan menganalisis masalah serta mengkaji data sehingga diperoleh alternatif solusi pada bidang kelautan sehingga dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan/ rekomendasi penyelesaian masalah secara tepat serta mampu merencanakan dan melaksanakan pekerjaan di lapangan dan laboratorium.

Kompetensi  Lulusan
Keterkaitan profil lulusan dengan kompetensi lulusan PS Ilmu Kelautan dapat dilihat dibawah ini

Parameter Deskripsi

Learning Outcome

Kemampuan di bidang Kerja

  1. Mampu melakukan eksplorasi dan konservasi sumberdaya dan lingkungan laut, dengan memanfaatkan instrumen observasi, penyelaman ilmiah, pemetaan, sistem informasi kelautan, akustik kelautan, teknik rehabilitasi dan bioteknologi, secara mandiri dan kreatif, sebagai wujud kemampuannya untuk beradaptasi terhadap masalah lingkungan yang dihadapi.
  2. Mampu  mengumpulkan dan menganalisis informasi serta mengevaluasi hasil kerja secara sistematik.
  3. Mampu berkomunikasi dan bekerjasama dalam kelompok secara efektif untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.
  4. Mampu secara indivudu dalam hal inisiatif, dipercaya, motivasi dan kreatif serta bekerja dibawah tekanan untuk mencapai target tertentu.
  5. Mampu  berperan  sebagai  fasilitator,  motivator  dan  mediator  secara  sistematik  dan efektif.

Kemampuan pengetahuan yang dikuasai

  1. Menguasai teori biologi laut, ekologi laut, oseanografi, pemetaan, penginderaan jauh, sistem informasi geografi, akustik kelautan, penyelaman ilmiah, konservasi, teknik rehabilitasi, serta bioteknologi, sehingga mampu mengidentifikasi dan memformulasikan penyelesaian masalah eksplorasi  dan konservasi sumberdaya dan lingkungan laut secara sistematis.
  2. Mampu merencanakan dan merancang sistem pengelolaan sumberdaya dan lingkungan laut secara efektif, efisien dan produktif sesuai kaidah pembangunan berkelanjutan.
  3. Mampu mengimplementasikan motivasi untuk berprestasi, kejelasan tugas, ketelitian kualitas kerja, proaktif serta mampu mencari dan menggunakan informasi sumberdaya dan lingkungan laut.
  4. Mampu berpikir analitis, konseptual, dan profesional.

Kemampuan manajerial

  1. Mampu berkembang dan menyesuaikan diri dengan kondisi kerja secara individual dan dalam tim, serta mampu mengambil keputusan yang tepat, memimpin dan mengorganisir sumberdaya.
  2. Mampu bertanggungjawab atas pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi serta  mampu menyelesaikan masalah berbekal sikap kepemimpinan yang didasarkan pada ketakwaan kepada Tuhan yang Maha Esa.