Hubungi   +62-717-422145   ubb.ilmukelautan@gmail.com

Profil Program Ilmu Kelautan


Program Studi Ilmu Kelautan (PS-IKL) merupakan salah satu Program studi baru yang terdapat di Universitas Bangka Belitung. Program studi ini mulai berdiri pada tahun 2016 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 354/KPT/1/2016 tentang Pembukaan Program Studi Ilmu Kelautan Program Sarjana Pada Universitas Bangka Belitung di Pangkalpinang. Mengingat potensi sumberdaya laut yang tinggi untuk sektor perekonomian, pendidikan, farmasi, dan kebudayaan. Ditambah lagi sumber daya tak terbarukan yang melimpah di tanah Bangka Belitung, yaitu logam timah. Tingginya kekayaan di tanah Bangka Belitung memberikan tantangan tersendiri untuk menjaga keberlanjutan sumberdaya alam yang ada.

Keberadaan PS Ilmu Kelautan diharapkan mampu menghasilkan pribadi lulusan S1 yang kompetitif dan dibutuhkan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Guna mewujudkan tujuan tersebut, disusunlah berbagai komponen perencanaan bagi pencapaian target yang diharapkan. Salah satu komponen input dalam penyelenggaraan pendidikan adalah kurikulum. Keberadaan kurikulum merupakan aspek penting karena merupakan komponen penentu dalam perwujudan produk atau kompetensi lulusan yang merupakan indikator utama dalam core business perguruan tinggi. Oleh sebab itu penyusunan kurikulum yang baik menjadi tonggak utama dalam pengelolaan pendidikan tinggi. Evaluasi atau tinjauan terhadap kurikulum merupakan kelaziman yang harus dilakukan oleh PS Ilmu Kelautan secara berkala.

Secara umum jenis mata kuliah merujuk/mengacu pada Program Studi IKL pada berbagai universitas lain yang menyelenggarakan Prodi yang sama seperti Institut Pertanian Bogor dan Universitas Diponegoro dengan mengacu pada kebutuhan pengembangan daerah. Penyusunan Kurikulum Berbasis Kompetensi Prodi IKL dilakukan dalam beberapa tahap rapat dan diskusi yang dilakukan oleh para staf pengajar dan ketua jurusan dengan arahan Wakil Rektor II Universitas Bangka Belitung pada tanggal 31 Januari 2017. Selanjutnya, dilakukan kegiatan workshop kurikulum Program studi Ilmu Kelautan pada tanggal 20 April 2017 di Ruang Rapat Kecil, Rektorat UBB dengan mengundang stake holders dari instansi terkait. Kegiatan workshop kurikulum PS Ilmu Kelautan tersebut dilaksanakan agar dapat melakukan analisis kebutuhan pasar dan pemangku kepentingan serta analisis perkembangan keilmuan dan keahlian. Analisis tersebut akan digunakan lebih lanjut untuk menyusun profil lulusan dan rumusan capaian pembelajaran lulusan (CPL) PS Ilmu Kelautan. PS Ilmu Kelautan menyelenggarakan kegiatan perkuliahannya di Gedung Teladan, Kampus Terpadu Balunijuk, dengan alamat di Desa Balunijuk, Kecamatan Merawang, dengan No. Telepon Fakultas: 0717-4260046, 0717-4260047, 0717-4260048, dan No. Faksimili 0717-421303.